Skip navigation

Allah kita adalah Allah yang maha besar. Dia Penguasa atas segala sesuatu dan berdaulat atas segala sesuatu. Selama ini mungkin kita berpikir bahwa Dia akan selalu berpikir besar-besar dan tidak mau mengurusi yang kecil-kecil.

Tapi ternyata….

Gideon, seorang anak yang paling kecil, berasal dari suku yang terkecil dari suku-suku Israel, dan juga punya nyali yang kecil.

Dia tinggal di gua karena takut menghadapi musuh-musuh Israel yang setiap kali datang dan merampas hasil pertanian dan harta benda mereka.

Tersembunyi, terkecil, terabaikan.

Tuhan justru datang kepadanya dan mengangkat dia menjadi pahlawan dengan mengalahkan musuh-musuh yang besar hanya dengan pasukan yang kecil. Pasukan seperti pasir dilautan dipecundangi oleh pasukan Gideon yang hanya berjumlah 300 saja.

Daud,  seorang anak yang juga paling kecil, diperlakukan berbeda dari kakak-kakaknya.

Dipercaya pekerjaan yang kecil yaitu menggembalakan 2-3 ekor ternak saja. Tentunya dia dapat gaji yang kecil pula, bukan? Apakah dia masih bisa menabung? Pertengahan bulan mungkin sudah habis untuk kebutuhan sehari-hari.

Ibu-ibu sepertinya segan untuk menjodohkan dia dengan anak-anak gadisnya. “Anakku nanti mau dikasih makan apa?”, mungkin begitu pikir mereka.

Ketika Samuel datang untuk mencari calon raja pengganti Saul yang tidak taat, Isai hanya menampilkan pesona kakak-kakaknya yang berjalan diatas catwalk.

Tersembunyi, terkecil, terabaikan.

Tetapi Tuhan punya selera yang berbeda. Dia suka dengan yang kecil-kecil. Ketika akhirnya Daud muncul dihadapan Samuel, Tuhan langsung bertitah kepada Samuel untuk segera mengurapinya.

Tahukah siapa yang mengalahkan Goliath, si badan besar yang tidak bersunat itu? Daud-lah orangnya.

Pakai apa? AK-47? M16? granat? roket? nuklir?

bukan….

Hanya batu yang kecil yang dipungut oleh Daud di dasar sungai.

Tersembunyi, terkecil, terabaikan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: